Kamis, 05 April 2018

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK - MASA AWAL KANAK-KANAK


Definisi Tugas Perkembangan dan Tugas Perkembangan Masa Awal Kanak-Kanak




A. Definisi Tugas Perkembangan
     Tugas perkembangan adalah , seseuatu tugas yang timbul pada periode tertentu dalam kehidupan seseorang . menurut Robert Havighurst tugas perkembangan adalah tugas yang terdapat pada suatu tahap kehidupan seseorang , yang akan membawa individu kepada kebahagiaan dan keberhasilan dalam tugas-tugas perkembangan berikutnya yaitu apabila tahap kehidupan tersebut di jalani dengan berhasil .

     Masa bayi disebut juga sebagai periode vital, karena kondisi fisik dan mental bayi menjadi fundasi kokoh bagi perkembangan dan pertumbuhan selanjutnya. Bayi yang baru lahir dan sehat, dengan cepat akan belajar menyesuaikan diri dengan alam lingkungannya, dan melakukan tugas-tugas perkembangan tertentu. Ada tugas-tugas melakukan kegiatan yang harus dilatihnya setiap waktu, agar bayi/anak mampu melakukan adaptasi sosial (penyesuaian diri terhadap lingkungan sosialnya), dan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya.MIsalnya tugas pendisiplinan diri/pembiasaan diri, makan dan tidur secara teratur, belajar patuh, dan lain-lain.

   Tidak terhingga banyaknya jumlah kegiatan bayi sehat sehari-harinya.Ia mengisap, menelan, membuang kotoran, muntah, mengeluarkan air liur, bersin, menguap, meregangkan otot-otot lengan dan kaki, menggerakkan anggota badan, menggeleng-gelengkan kepala, tertawa, menangis, dan lain-lain. Dengan macam-macam ulah dan suaranya yang selalu diulang-ulang dan di latih, ia mengingat pada orang lain atau lingkungannya akan eksistensi dirinya.

    Sejak hari-hari pertama sesudah kelahirannya, bayi menampilkan kepegasan dan gelorah gairah untuk menggunakan segenap kemampuannya.Ia lalu melatih potensi-potensinya dengan berlangsungan waktu, ia memperlihatkan kemajuan-kemajuan prestasi dalam melaksanakan tugas-tugas perkembangan dan usaha adaptasi terhadap macam-macam tuntutan, yang dilakukan baik secara sukarela, maupun secara dipaksakan atau keharusan baik dengan sikap penuh pengertian maupun berlangsung secara kebodoh-bodohan. Namun demikian ada batasnya mengenai kemampuan anak. Dan banyak pula tugas-tugas  serta tuntutan dari luar yang tidak bisa dipaksakan pada anak, serta tidak bisa dilakukan oleh anak.


            

B.  Tugas Perkembangan Awal Masa Anak-anak
         Pada umumnya orang berpendapat bahwa masa aak-anak merupakan masa yang terpanjag dalam rentang kehidupan saat dimana individu relative tidak berdaya dan tergantung pada orang lain . Pada saat ini secara luas diu ketahui bahwa masa kanak-kanak harus di bagi menjadi dua periode yang berbeda awal dan akhir masa kanak-kanak . Periode awal berlangsung dari umur dua sampe enam tahun dan periode akhir dari enam tahun sampai tiba saatnya anak matang secara sekdual atau gender . Dengan demikian masa awal kank-kanak di mulai sebagai penutup masa bayi usia ketergantungan secara praktis sudah di lewati , diganti dengan tumbuhnya kemandirian dan berakhir di sekitar usia sekolah dasar .

       Para pendidik menyebut tahun-tahun awal kanak-kanak sebagai usia prasekolah untuk membedakannya dari saat dimna anak di anggap cukup tua , baik secara fisik dan mental , untuk menghadapi tugas-tugas pada saat mereka mulai mengikuti pendidikan formal .

        Karena perkembangan utana yang terjadi selama masa awal kanak-kanak berkisar di seputar penguasaan dan pengendalian lingkungan , banyak pasra ahli psikologi melabelkan awal masa kank-kanak sebagai usia menjelajah , sebuah label yang menunjukan bahwa anak-anak ingin mengetahui keadaan lingkungannya , bagaimana mekanismenya , bagaimana perasaannya dan bagaimana ia dapat menjai bagian dari lingkungan .

C. Tugas Perkembangan Awal Masa Kanak-Knak
      a) Belajar memakan makanan padat
      b) Belajar Berjalan
       c) Belajar berbicara
       d)  Belajar mengendalikan pembuang kotoran dalam tubuh
       e) Mempelajari perbedaan seks dan tata caranya
        f) Mempersiapkan diri untuk membaca
        g) Belajar membedakan benar dan salah , dan mulai mengembangkan hati nurani .



Daftar Pustaka 

Kartono , Kartini , Psikologi anak (Psikologi perkembangan) . Bandung
                CV.Mandar Maju , 2007 .
Hurlock , B.Elizabeth ,Psikologi Perkembangan (Edisi Kelima) . Jakarta
                Erlangga , 1980 .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar