Definisi Tugas Perkembangan dan Tugas Perkembangan Masa Awal Kanak-Kanak
A. Definisi Tugas Perkembangan
Tugas
perkembangan adalah , seseuatu tugas yang timbul pada periode tertentu dalam
kehidupan seseorang . menurut Robert Havighurst tugas perkembangan adalah tugas
yang terdapat pada suatu tahap kehidupan seseorang , yang akan membawa individu
kepada kebahagiaan dan keberhasilan dalam tugas-tugas perkembangan berikutnya
yaitu apabila tahap kehidupan tersebut di jalani dengan berhasil .
Masa bayi disebut juga sebagai periode
vital, karena kondisi fisik dan mental bayi menjadi fundasi kokoh bagi
perkembangan dan pertumbuhan selanjutnya. Bayi yang baru lahir dan sehat,
dengan cepat akan belajar menyesuaikan diri dengan alam lingkungannya, dan
melakukan tugas-tugas perkembangan tertentu. Ada tugas-tugas melakukan kegiatan
yang harus dilatihnya setiap waktu, agar bayi/anak mampu melakukan adaptasi
sosial (penyesuaian diri terhadap lingkungan sosialnya), dan mampu
mempertahankan kelangsungan hidupnya.MIsalnya tugas pendisiplinan
diri/pembiasaan diri, makan dan tidur secara teratur, belajar patuh, dan
lain-lain.
Tidak terhingga banyaknya jumlah
kegiatan bayi sehat sehari-harinya.Ia mengisap, menelan, membuang kotoran,
muntah, mengeluarkan air liur, bersin, menguap, meregangkan otot-otot lengan
dan kaki, menggerakkan anggota badan, menggeleng-gelengkan kepala, tertawa,
menangis, dan lain-lain. Dengan macam-macam ulah dan suaranya yang selalu
diulang-ulang dan di latih, ia mengingat pada orang lain atau lingkungannya
akan eksistensi dirinya.
Sejak hari-hari pertama sesudah
kelahirannya, bayi menampilkan kepegasan dan gelorah gairah untuk menggunakan
segenap kemampuannya.Ia lalu melatih potensi-potensinya dengan berlangsungan
waktu, ia memperlihatkan kemajuan-kemajuan prestasi dalam melaksanakan
tugas-tugas perkembangan dan usaha adaptasi terhadap macam-macam tuntutan, yang
dilakukan baik secara sukarela, maupun secara dipaksakan atau keharusan baik
dengan sikap penuh pengertian maupun berlangsung secara kebodoh-bodohan. Namun
demikian ada batasnya mengenai kemampuan anak. Dan banyak pula tugas-tugas serta tuntutan dari luar yang tidak bisa dipaksakan
pada anak, serta tidak bisa dilakukan oleh anak.
B. Tugas
Perkembangan Awal Masa Anak-anak
Pada
umumnya orang berpendapat bahwa masa aak-anak merupakan masa yang terpanjag
dalam rentang kehidupan saat dimana individu relative tidak berdaya dan
tergantung pada orang lain . Pada saat ini secara luas diu ketahui
bahwa masa kanak-kanak harus di bagi menjadi dua periode yang berbeda awal dan
akhir masa kanak-kanak . Periode awal berlangsung dari umur dua sampe enam
tahun dan periode akhir dari enam tahun sampai tiba saatnya anak matang secara
sekdual atau gender . Dengan demikian masa awal kank-kanak di mulai sebagai
penutup masa bayi usia ketergantungan secara praktis sudah di lewati , diganti
dengan tumbuhnya kemandirian dan berakhir di sekitar usia sekolah dasar .
Para pendidik menyebut tahun-tahun awal
kanak-kanak sebagai usia prasekolah untuk membedakannya dari saat dimna anak di
anggap cukup tua , baik secara fisik dan mental , untuk menghadapi tugas-tugas
pada saat mereka mulai mengikuti pendidikan formal .
Karena perkembangan utana yang terjadi
selama masa awal kanak-kanak berkisar di seputar penguasaan dan pengendalian
lingkungan , banyak pasra ahli psikologi melabelkan awal masa kank-kanak
sebagai usia menjelajah , sebuah label yang menunjukan bahwa anak-anak ingin
mengetahui keadaan lingkungannya , bagaimana mekanismenya , bagaimana
perasaannya dan bagaimana ia dapat menjai bagian dari lingkungan .
C. Tugas Perkembangan Awal Masa Kanak-Knak
a)
Belajar memakan makanan padat
b) Belajar Berjalan
c) Belajar berbicara
d)
Belajar mengendalikan pembuang kotoran dalam tubuh
e) Mempelajari perbedaan seks dan tata
caranya
f) Mempersiapkan diri untuk membaca
g) Belajar membedakan benar dan salah ,
dan mulai mengembangkan hati nurani .
Daftar Pustaka
Kartono
, Kartini , Psikologi anak (Psikologi
perkembangan) . Bandung
CV.Mandar Maju , 2007 .
Hurlock
, B.Elizabeth ,Psikologi Perkembangan
(Edisi Kelima) . Jakarta
Erlangga , 1980 .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar